Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang didalamnya terdapat beragam proses pembelajaran. Pesantren memiliki tata kelola yang tidak jauh berbeda dengan lembaga pendidikan umumnya. Meliputi manajemen, administrasi, dan sebagainya. Proses kelola yang dilakukan juga cukup rumit. Hal tersebut kerap menjadikan pengelolaan berjalan lambat.
Hadirnya sistem administrasi pesantren merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah yang kerap terjadi pada tata kelola suatu lembaga. Sistem ini menjadi salah satu aplikasi yang saat ini dibutuhkan dalam dunia pendidikan khususnya lembaga pondok pesantren.
Hal tersebut dikarenakan sistem administrasi pesantren (ePesantren) memiliki berbagai fitur yang dapat membantu pengelolaan pondok pesantren. Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa didapatkan oleh suatu lembaga apabila menggunakan ePesantren.ย
Pengaturan Sistem Kerja Pegawai
Pastinya akan sangat sulit mendapatkan aplikasi yang didalamnya terdapat pengaturan sistem kerja pegawai. Namun, tidak demikian dengan aplikasi ePesantren ini. Aplikasi ini dilengkapi fitur canggih sesuai kebutuhan pesantren. Berikut beberapa keunggulan aplikasi yang dapat membantu proses pengelolaan pesantren.
1. Absensi guru dan pegawai
Saat ini memang segala aspek kehidupan bisa dikatakan serba online. Hal tersebut dikarenakan, apabila proses pengolahan hanya melalui offline saja maka akan memerlukan waktu yang relatif lama. Dengan ini, sistem online memberikan bantuan dimana segala sesuatu yang seharusnya dikerjakan dengan sistem offline bisa dipermudah dengan online. Seperti halnya dengan absensi guru dan absensi pegawai.
Apabila dahulu absensi kebanyakan ditulis dan di data, saat ini absensi bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi. Penggunaan aplikasi merupakan salah satu cara agar suatu lembaga tidak ketinggalan perkembangan teknologi. Mengingat teknologi merupakan salah satu faktor yang turut berpengaruh terhadap perkembangan masa.
2. Akses pegawai
Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang fleksibel. Fleksibel yang dimaksud dalam hal ini adalah fitur dari aplikasi ini bisa dibuka menyesuaikan hak akses yang dimiliki pengguna. Misalkan, ustad atau ustadzah ingin memasukkan absensi santri, maka hak akses yang diberikan hanya untuk memasukkan absensi. Tidak bisa membuka fitur lain seperti keuangan.
Dengan aplikasi ePesantren, pekerjaan yang seharusnya dikerjakan secara manual bisa dikerjakan secara online dan dengan sistem yang mudah. Apabila pegawai diberikan akses atau izin terhadap aplikasi ini, maka aplikasi bisa digunakan oleh pegawai-pegawai lain disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pegawai.
Pengaturan Distribusi Keuangan Pesantren
Salah satu aspek yang paling penting dalam pengelolaan lembaga adalah sistem peraturan dan kelola keuangan. Keuangan merupakan hal yang paling urgent dan harus diperhatikan oleh lembaga khususnya lembaga pesantren. Apabila keuangan berjalan dengan lancar di mana sistem perencanaan, penggunaan, pemeriksaan berjalan lancar maka hal tersebut juga akan berdampak pada lembaga.
Namun apabila terjadi sebaliknya, di mana sistem keuangan mengalami ketimpangan kemudian proses kelola keuangan tidak baik, maka lembaga juga akan mendapatkan dampaknya.
Aplikasi ini hadir untuk membantu setiap orang agar bisa melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa aspek yang bisa dikelola dengan bantuan aplikasi ini.
1. Pengelolaan keuangan pesantren
Pengelolaan keuangan artinya meliputi berbagai hal berkaitan dengan perencanaan hingga pemeriksaan keuangan. Pengaturan serta pengecekan arus masuk dan keluarnya keuangan. Misalkan dalam proses perencanaan, dana yang terkumpul harus direncanakan sesuai dengan prioritas lembaga. Dengan demikian nantinya tidak akan terjadi kekurangan atau ketimpangan yang bisa menyebabkan kan masalah pada lembaga.
Aplikasi ini juga bisa membantu pihak administrasi keuangan untuk mengelola keuangan dengan baik. Dengan cara mengatur serta mencatat apa saja transaksi yang telah dilakukan. Misalkan pihak lembaga hendak melakukan transaksi terhadap pihak lain, maka aplikasi ini akan mencatat apa-apa saja terkait dengan transaksi tersebut.
Mulai dari besaran transaksi atau nominal, kemudian waktu transaksi, kebutuhan transaksi, dan sebagainya. Dengan demikian menggunakan aplikasi ini merupakan cara yang mudah untuk menata agar keuangan tidak mengalami ketimpangan.
2. Pengaturan gaji pegawai
Dalam aplikasi ini juga terdapat kelebihan fitur lainnya yaitu dengan gaji pegawai. Biasanya dalam suatu lembaga setiap pegawai akan memiliki besaran gaji yang berbeda. Besaran gaji yang diterima tentu saja diatur berdasarkan aspek-aspek apa saja menjadi tugas dan tanggung jawab pegawai tersebut. Saat ini segala bentuk pembayaran secara manual sudah jarang dilakukan.
Setiap pembayaran, fee, gaji, dan sebagainya lebih mudah dilakukan dengan menggunakan cara online. Setelah pihak lembaga mengeluarkan pembayaran gaji untuk pegawainya, maka bisa dengan mudah untuk memberikan informasi terkait dengan pengiriman pembayaran gaji secara online.
ePesantren Aplikasi Administrasi Masa Kini
ePesantren merupakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses di berbagai perangkat, seperti pc, laptop, gawai, dan perangkat sejenis. Sehingga lembaga pesantren yang menggunakan aplikasi ini akan dipermudah. Aplikasi ini juga didukung fitur teknologi yang canggih. Sehingga segala aspek administrasi maupun aspek manajemen dapat dikelola dengan mudah menggunakan aplikasi ini.
Fungsi utama dari aplikasi ini adalah membantu agar setiap pondok pesantren dapat mengelola berbagai bentuk data dan juga aspek tertentu. Sehingga membuat pondok pesantren akan lebih profesional.
Bagi Anda yang belum menggunakan aplikasi ini, maka sangat direkomendasikan untuk mencobanya. Selain fitur yang canggih, aplikasi ini juga mudah digunakan. Tunggu apalagi, ubahlah cara manual yang rumit menggunakan cara online yang sederhana dan cepat. Apabila dalam penggunaannya anda masih merasa ragu, maka tidak perlu khawatir karena terdapat aplikasi demo yang dapat diakses secara gratis. Kunjungi (web demo) untuk memulai demonya.
Tunggu apalagi, gunakan ePesantren untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan sistem administrasi dan juga pengelolaan manajemen pondok pesantren. Menikmati berbagai fitur dengan penggunaan teknologi yang canggih. Kunjungi epesantren.co.id untuk mendapat keunggulan dan layanan lainnya.
COBA DEMO GRATIS-NYA DI
ePesantren l Go Hijrah Menuju Era Digital