fbpx

Aplikasi Keuangan Pesantren Mudah dan Akurat

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Aplikasi Keuangan Pesantren Mudah dan Akurat

Aplikasi Keuangan Pesantren Mudah dan Akurat

Setiap lembaga memiliki strategi keuangannya sendiri. Strategi keuangan dilakukan agar perencanaan dan pengelolaan keuangan menjadi rapi. Termasuk sumber dana lembaga. Tidak bisa dipungkiri, lembaga yang mampu mengelola keuangan dengan baik akan mampu berkembang. Misalkan untuk pengadaan sarana dan prasarana, studi banding, promosi, dan sebagainya. Oleh karena itu, saat ini terdapat suatu aplikasi yang bisa membantu pihak pengelola keuangan untuk melakukan pengelolaan dengan baik dan rapi.

Aplikasi keuangan pesantren ini berbasis online yang dinamai dengan ePesantren. Adanya aplikasi tersebut berguna untuk mempermudah sistem perencanaan serta strategi keuangan yang telah ditetapkan lembaga. Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai keunggulan aplikasi ini, berikut ini beberapa keunggulannya.

Membantu Penetapan Strategi Perencanaan Keuangan Lembaga

Banyak sekali strategi yang bisa dilakukan dalam perencanaan keuangan. Pada intinya setiap strategi berguna menjaga arus keuangan agar tetap seimbang. Dimana setiap pemasukan dan pengeluaran tidak terjadi ketimpangan menonjol.

Apabila ketimpangan terjadi, maka manajemen keuangan akan terganggu dan mempengaruhi manajemen lainnya. Berikut ini beberapa kemudahan dalam penetapan strategi keuangan apabila menggunakan ePesantren.

1. Proses perencanaan keuangan

Perencanaan keuangan diperlukan agar alokasi uang sesuai dengan prioritas. Meskipun setiap orang bisa melakukan perencanaan keuangan, tetapi tidak semuanya mampu merencanakan prioritas dengan baik. Suatu lembaga harus bisa memilih prioritas yang didahulukan agar keuangan dapat tertata dengan baik. 

Segala bentuk daya pikir bersumber dari manusia. Hadirnya aplikasi keuangan pesantren ini sebagai sarana yang untuk mempermudah proses perencanaan. Aplikasi ini tersedia dalam berbagai format yang dapat digunakan untuk merencanakan keuangan. Apabila Anda adalah orang yang bertanggung jawab terhadap keuangan lembaga, maka dapat menggunakan aplikasi ini untuk membantu kelancaran proses perencanaan keuangan.

2. Proses anggaran

Setelah proses perencanaan yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menganggarkan keuangan. Anggaran meliputi berbagai aspek mulai dari anggaran jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Bukan hanya jangka pendek saja yang harus dipikirkan melainkan jangka panjang juga harus menjadi skala prioritas dalam proses anggaran.

Dalam suatu lembaga terdapat banyak jenis anggaran yang ditetapkan oleh manajemen keuangan. Aplikasi ini menyediakan fitur yang mudah untuk dioperasikan sehingga penetapan anggaran dapat disesuaikan dengan format yang tersedia. Hadirnya aplikasi ini diharapkan mampu memberi bantuan kepada pihak pengelola keuangan agar proses pengelolaan menjadi lebih tertata.

3. Proses pelaporan keuangan

Selain dari kedua hal tersebut yang berkaitan dengan keuangan selanjutnya adalah proses pelaporan keuangan. Pelaporan tersebut meliputi pemasukan, ketergunaan, dan pengeluaran. Kemudian juga ada pengelolaan terkait dengan uang spp dan sebagainya.  Laporan keuangan bukanlah hal yang mudah, bahkan banyak sekali orang yang telah ahli di bidangnya mengeluh.

Aplikasi ini memiliki fitur sistem pelaporan yang bisa digunakan dengan mudah dan bisa dioperasikan kapan saja. Bahkan setiap transaksi akan tercatat dengan baik dan lengkap dalam aplikasi.

Apabila Anda hendak melakukan laporan keuangan, maka tinggal melihat history atau melihat data yang telah tersimpan dalam aplikasi. Tentunya aplikasi ini akan mempermudah Anda dibanding harus mengumpulkan data secara manual.

4. Proses pemeriksaan keuangan

Pemeriksaan keuangan meliputi kevalidan data keuangan. Kevalidan data yaitu keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. Di mana data yang disampaikan memang benar adanya. Pemeriksaan keuangan juga bukan hal mudah karena harus meneliti satu persatu laporan. Berbeda bila menggunakan aplikasi ini, maka setiap transaksi yang dilakukan akan tercatat dan akan meminimalisir kesalahan data.

Membantu Pembuatan Jurnal Otomatis

Jurnal merupakan suatu catatan yang wajib ada dalam pengelolaan lembaga. Seluruh pelaporan lembaga dari berbagai aspek akan masuk dalam jurnal tersebut. Jurnal meliputi segala bentuk aktivitas, dokumen, dan masih banyak lagi. Sistem kerja jurnal yang ribet dan rumit memerlukan banyak waktu.

ePesantren menjadi aplikasi yang dilengkapi dengan sistem jurnal yang mudah. Berikut ini merupakan keunggulan aplikasi ePesantren terhadap sistem pengelolaan jurnal.

1. Melakukan pembukuan secara online

Sistem pembukuan merupakan sistem tradisional. Dimana orang yang bersangkutan akan mencatat terlebih dahulu pemasukan dan pengeluaran yang ada. Hal tersebut sangat mudah dilakukan apabila riwayatnya hanya sedikit. Berbeda cerita apabila catatan yang harus dibukukan dalam jumlah yang besar dan padat.

Aplikasi ePesantren hadir dengan fitur pembukuan secara online. Dimana data yang dimasukkan juga akan tersimpan dalam sistem sehingga meminimalisir hilangnya data. Dalam aplikasi telah tersedia format pembukuan bahkan bisa dilakukan kombinasi format. Dengan demikian, pembukuan menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

2. Pembukuan berbagai aspek lembaga

Lembaga memiliki banyak sekali komponen yang perlu dibukukan. Bukan hanya hal-hal yang berkaitan dengan anggaran saja. Mulai dari spp, slip gaji, dan masih banyak lagi. Apabila keseluruhan aspek tersebut tidak dibukukan, maka perencanaan atau strategi keuangan tidak akan berjalan dengan baik. Bahkan dikhawatirkan akan terjadi ketimpangan pada penyusunan anggaran.

Aplikasi ePesantren hadir untuk mencegah hal tersebut terjadi. Setiap aktivitas keuangan akan langsung tercatat secara online. Sehingga kapanpun pihak lembaga ingin memeriksanya, maka sudah tersedia. Tentu hal ini akan mempermudah pekerjaan pihak pengelola keuangan. Tanpa harus melakukan pembukuan yang menumpuk karena pembukuan akan otomatis terkelola.

ePesantren Aplikasi Web Pengelola Manajemen Keuangan Terbaik

Memiliki aplikasi yang mampu mengelola berbagai aspek dalam lembaga, khususnya keuangan merupakan hal yang penting. ePesantren dapat mengoptimalkan berbagai manajemen yang ada di lembaga. Kini ePesantren menjadi aplikasi yang menjadi andalan di banyak pondok pesantren.

Selain memperbaiki tatanan data, aplikasi ini juga membuat pondok pesantren menjadi lebih profesional. Mulai dari manajemen santri, manajemen keuangan, manajemen pegawai, manajemen akademik, dan ada pula manajemen tahfidz. Tunggu apalagi, bagi lembaga yang belum mencoba menggunakan aplikasi ini sangat disarankan untuk menggunakannya.

Apabila masih ragu dengan fitur dan kualitas yang diberikan, maka bisa melakukan uji coba aplikasi secara gratis. ePesantren teknologi canggih masa kini yang harus dimiliki oleh setiap pondok pesantren. Kunjungi https://epesantren.co.id untuk mendapat keunggulan dan layanan lainnya. Coba demo gratisnya di http://demo.epesantren.co.id.

Info Lainnya Hubungi:

Telp/WhatsApp        : wa.me/6285701303000

IG, FB, YT         : @epesantren

ePesantren l Go Hijrah Menuju Era Digital

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!