fbpx

Mengolah Data Lebih Mudah Dengan Menggunakan Aplikasi Pesantren Online

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape

Mengolah Data Lebih Mudah Dengan Menggunakan Aplikasi Pesantren Online

Pesantren merupakan lembaga pendidikan berbasis Islam di mana penerapannya juga memerlukan manajemen yang rapi. Pendidikan yang ada dalam pesantren harus memiliki arah yang benar dan juga memiliki kualitas yang baik. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas dari pendidikan pesantren adalah sarana dan prasarana yang diberikan.

Oleh karena itu, pihak pengelola harus bisa melakukan kontrol dan pemeriksaan terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan pendidikan dan juga pengembangan di pesantren itu sendiri. Pentingnya pengelolaan manajemen dan juga pendidikan dalam pesantren melahirkan suatu teknologi yang inovatif.

Teknologi tersebut adalah ePesantren. ePesantren merupakan teknologi online yang dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan berbagai aspek yang ada dalam pesantren. Berikut ini merupakan beberapa hal yang berkaitan dengan kemudahan ketika menggunakan software atau aplikasi ePesantren.

Pengelolaan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia biasa disebut dengan aspek human resources merupakan  aspek yang berpengaruh dan paling penting  dalam pengelolaan pondok pesantren. Aspek ini meliputi berbagai hal terkait dengan manajemen. Pengelolaan manajemen tidak dipungkiri merupakan hal yang rumit.

Bahkan tidak setiap orang bisa melakukan pengelolaan dengan sistematis dan rapi. Meskipun dapat melakukan pengolahan data dengan baik, pastinya akan memerlukan waktu yang tidak singkat. Berikut ini merupakan beberapa hal yang terpengaruh oleh aspek sumber daya manusia.

  1. Perencanaan tujuan yang hendak dicapai

Kualitas sumber daya yang dimiliki akan langsung berpengaruh terhadap kualitas pengelolaan itu sendiri. Apabila sumber dayanya berkualitas, maka proses perencanaan juga turut berkualitas. Perencanaan akan langsung berkaitan dengan tujuan yang hendak dicapai dalam suatu lembaga.

Perencanaan meliputi hal apa saja yang harus dipersiapkan, langkah apa saja yang perlu dilakukan, hingga hasil yang bagaimana yang hendak dicapai. Apabila sumber daya gagal dalam menyesuaikan rencana tersebut, maka dengan sendirinya pengelolaan suatu lembaga juga akan terganggu.

  1. Pelaksanaan rencana yang telah dibuat

Pada setiap visi tentunya terdapat misi. Apabila perencanaan dalam suatu pengelolaan telah dilakukan, maka hal yang harus diperhatikan adalah langkah pencapaian. Pencapaian harus dibuat sistematis dan serapi mungkin. Agar dapat menghemat waktu dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

  1. Evaluasi langkah dan tujuan

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah pengevaluasian dari langkah yang ditempuh dan juga tujuan yang dimiliki. Apabila langkah yang digunakan ternyata tidak sistematis dan memperlambat tujuan, maka Anda bisa menggunakan alternatif lain yang tersedia.

Ketiga hal tersebut menandakan bahwa pentingnya sumber daya manusia dalam pengelolaan manajemen. Aplikasi ePesantren hadir memberikan bantuan kemudahan dalam pengelolaan manajemen tersebut.

Dengan ragam fitur yang tersedia, penggunaan aplikasi turut mempermudah pekerjaan yang seharusnya dikelola sendiri oleh tim manajemen. Pendataan, pencatatan, dan pengalokasian menjadi lebih mudah apabila anda menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini akan membantu pekerjaan sehingga pekerjaan yang biasanya lambat dapat diselesaikan menjadi lebih cepat.

Mempermudah Pengelolaan Data Santri

Banyaknya fitur yang tersedia dalam aplikasi ePesantren, tentunya membantu pekerjaan pihak pesantren menjadi lebih mudah. Mulai dari proses atau konsep manajemen dan juga pengelolaan data diri para santrinya. Beberapa kemudahan yang didapatkan dalam penggunaan ePesantren saat melakukan pengelolaan data.

  1. Seluruh data dapat terbackup rapi

Pastinya dalam suatu lembaga pondok pesantren, akan ada kumpulan data-data. Data tersebut meliputi data santri atau siswa, data pegawai, data kurikulum, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini membuat proses pengelolaan data menjadi cukup mudah. Untuk mencegah adanya data hilang atau rusak, salah satu keunggulan aplikasi ePesantren adalah backup data otomatis. Backup data akan dilakukan setiap 24 jam sekali dan maintenance server dilakukan tanpa mengganggu aktivitas pengguna.

  1. Kelola mudah data santri

Pada data santri, ada banyak sekali komponen yang harus dikelola. Seperti data nama, kelas santri, kamar santri, dan lainnya. Data-data seperti ini bila diletakkan dalam spreadsheet yang berbeda maka akan menyulitkan bila dicari karena perlu membuka satu-persatu. Tentu saja hal tersebut akan menyulitkan Anda untuk mengelolanya karena harus membuka menutup spreadsheet yang berbeda.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat fungsional dan serbaguna. Dimana seluruh data bisa dikelola hanya dengan menggunakan satu platform yang sama. Sehingga, Anda tidak perlu repot membuka dan menutup platform yang berbeda. Cukup menggunakan satu aplikasi ini, segala keperluan mengelola data akan dapat diatasi.

Menggunakan teknologi informasi canggih

Meskipun aplikasi ePesantren ini merupakan jenis aplikasi berbasis web, tetapi anda tidak perlu khawatir karena telah mengalami pengombinasian dengan platform android. Sehingga, Anda dapat memberikan informasi atau mendapatkan informasi meskipun menggunakan platform yang berbeda. Berikut ini merupakan keunggulan terhadap teknologi informasi dari ePesantren.

  1. Notifikasi mudah melalui WhatsApp

Saat ini WhatsApp tengah menjadi primadona dalam dunia kirim pesan. Kirim pesan melalui WhatsApp dengan biaya data internet memang diakui lebih murah. Dalam hal ini, ePesantren juga dapat mengirimkan notifikasi secara langsung melalui WhatsApp. Jadi, proses komunikasi antara pihak pesantren dan wali santri akan menjadi lebih mudah. Misalkan saja ketika hendak menginfokan terkait dengan pembayaran. Maka pihak lembaga langsung bisa menginformasikan melalui WhatsApp dengan proses yang mudah.

  1. Penggunaan dapat real time

Penggunaan aplikasi ini dapat diakses secara real time. Maksud dari real time di sini adalah data-data yang ada dalam aplikasi dapat diakses atau dilihat secara langsung. Pengurus pesantren dapat mengakses data secara langsung dimanapun dan kapanpun secara online.

Selain itu, real time juga berlaku pada notifikasi WhatsApp. Apabila hendak mengirimkan tagihan pembayaran dapat dilakukan dengan tepat waktu melalui notifikasi WhatsApp. Jadi, menggunakan aplikasi ini dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan.

ePesantren teknologi canggih fitur modern

Saat menggunakan aplikasi online ini, maka Anda akan mendapatkan berbagai pengalaman dan juga fitur yang menarik. Bukan hanya berkaitan dengan manajemen data saja, bahkan manajemen keuangan dan manajemen lainnya bisa dikelola hanya dengan menggunakan aplikasi ini. Tentunya dengan berbagai fitur yang disediakan ePesantren akan membuat pondok pesantren lebih profesional.

Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga bisa menanggulangi masalah internal yang kerap terjadi. Seperti kehilangan data, ketimpangan pembukuan, kekurangan data, ketidaksinkronan data, dan masih banyak lagi. Kemudian karena proses pengoperasiannya yang mudah, membuat aplikasi ini dapat diakses dimanapun tanpa perlu instalasi lebih dulu.

Tunggu apalagi, gunakan aplikasi ePesantren sekarang juga dan buat lembaga pendidikan yang Anda kelola lebih professional. Tentu saja keprofesionalitasan yang dimiliki akan turut memperbaiki integritas dari pondok pesantren. Gunakan aplikasi ini dan dapatkan ragam manfaat untuk pengelolaan lembaga pendidikan pondok pesantren. ePesantren solusi jitu atasi masalah manajemen lembaga. Jangan lewatkan dan coba aplikasi ini sekarang juga di demo.epesantren.co.id. Kunjungi pula laman ePesantren untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Info Lainnya Hubungi:

Website                     : ePesantren.co.id
Telp/WhatsApp      
: wa.me/6285701303000
FB, IG, YT                 : @epesantren

ePesantren l Solusi Manajemen dan Administrasi Pesantren Anti Ribet

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!