fbpx

ePesantren Memudahkan Proses Kerja Administrasi Pesantren

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
ePesantren Memudahkan Proses Kerja Administrasi Pesantren

Administrasi sebuah pesantren kerap kali dianggap menjadi masalah yang rumit. Hal tersebut dikarenakan administrasi langsung berkaitan dengan keluar masuknya data. Terlebih lagi proses kerja administrasi pesantren mengharuskan adanya pendataan santri dan juga beberapa komponen yang lainnya. 

Pada zaman yang serba modern ini, pastinya akan merasa kesulitan jika berbagai hal selalu dilakukan dengan manual. Teknologi yang saat ini berkembang harus dimanfaatkan dengan baik. Sesuai dengan tujuan ePesantren untuk mempermudah pekerjaan manusia. ePesantren hadir sebagai langkah awal dalam proses kerja administrasi pesantren yang lebih mudah. Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan pentingnya menggunakan ePesantren.

Mempermudah Pendataan

Dalam setiap lembaga, pastinya sistem administrasi menjadi hal utama yang akan langsung berpengaruh pada pengelolaan lembaga. Apabila pada sistem administrasi tidak sesuai dengan ketentuan dan lamban bekerja, maka perkembangan dari lembaga tersebut juga akan terhambat. Misalkan saja melakukan pendataan santri dalam pondok pesantren.

Apabila pendataan yang dilakukan ternyata tidak valid, maka sudah pasti proses administrasi yang lainnya juga akan ikut terganggu. ePesantren hadir dan membantu proses kerja administrasi pesantren agar lebih mudah. Tidak lagi melalui cara manual yang menghabiskan banyak tenaga, tetapi dengan memanfaatkan teknologi.

Sehingga data yang diperoleh akan menjadi lebih valid dan juga lebih cepat. Bukan hanya lebih cepat dan valid, sistemnya juga akan menjadi lebih mudah. Karena pengisian data akan langsung dilakukan oleh pihak yang berkaitan. Bisa pihak orang tua, wali atau santri sendiri. Tentu saja hal tersebut akan lebih mempermudah. Data langsung akan diperoleh dari pihak pertama. Sehingga kevalidannya sudah tidak diragukan lagi.

Mempermudah Kontrol Pesantren

Pengelolaan lembaga pendidikan seperti pesantren bukanlah hal yang mudah. Ribuan data harus dimasukkan tanpa kesalahan. Tentu saja dengan adanya sistem kontrol yang lebih mudah, maka pengawas akan lebih mudah untuk melakukan pengelolaan. Pesantren harus memiliki sarana dan prasarana yang bisa dimanfaatkan untuk belajar. Tentunya pengawasan terhadap sarana dan prasarana juga tidak bisa dilakukan secara manual langsung.

Hal tersebut akan memakan waktu yang sangat lama. Dalam hal ini, teknologi akan berperan penting. ePesantren hadir dengan fitur dan fasilitas yang mampu membantu pesantren untuk melakukan kontrol terhadap perkembangannya.

Perkembangan dalam hal ini bisa beraneka ragam. Mulai dari system control kualitas, hingga kontrol terhadap layanan yang diberikan. Pada intinya, dengan menggunakan bantuan teknologi seperti ePesantren, maka sistem kontrol administrasi juga akan dipermudah. Menghemat waktu dan juga pendataan akan menjadi lebih mudah.

Pekerjaan Lebih Mudah dengan Hasil yang Maksimal

Setiap orang pastinya akan memilih mendapatkan hasil yang maksimal dengan usaha yang mudah. Namun, apabila hal tersebut dilakukan dengan cara manual, maka sudah pasti akan kesulitan.

Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi bisa berguna untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam setiap proses. Pesantren merupakan lembaga pendidikan di mana pengelolaanya tergolong hal yang rumit. Berikut ini merupakan beberapa hal yang berkaitan dengan pengelolaan pesantren.

1. Pendataan anggota pesantren

Anggota pesantren tentu saja akan berkaitan dengan setiap orang yang menghuni pesantren. Mulai dari para pekerja, karyawan, guru, pengawas, hingga penanggung jawab dan juga para santri. Pendataan anggota pesantren ini perlu dilakukan sama halnya dengan lembaga pendidikan formal.

Dengan adanya pendataan inilah, pihak penanggung jawab akan mengetahui seluruh informasi berkaitan dengan masyarakat pesantren. Pengelolaan data ini kerap sekali dikeluhkan. Hal tersebut dikarenakan sistem pengelolaan datanya lebih rumit. Mendata satu persatu anggota, tentu saja akan memerlukan waktu yang lama.

2. Memberikan respon yang cepat dan tanggap

Saat ini setiap lembaga pendidikan akan selalu melampirkan kontak yang dapat dihubungi secara langsung. Apabila respon tanggap yang diberikan lambat, maka akan mempengaruhi citra yang dimiliki oleh pesantren. Hal ini termasuk ke dalam proses kerja administrasi pesantren.

Apabila terdapat orang yang memerlukan layanan atau sekedar bertanya-tanya, maka pihak pesantren harus dapat memberikan respon dengan cepat. Dengan demikian, citra yang dimiliki oleh pesantren tidak akan diragukan. Layanan yang berkualitas akan langsung berpengaruh pada citra sekaligus integritas yang dimiliki.

3. Memperhatikan sarana dan prasarana

Sarana prasarana menjadi hal yang tidak boleh diabaikan oleh pihak pesantren. Kelengkapan sarana juga akan menjadi penunjang pembelajaran dalam pesantren. Sarana tersebut meliputi berbagai hal yang digunakan oleh para santri. Misalkan saja bangku, kursi, alat belajar, kitab, dan masih banyak lagi.

Para pengelola harus memperhatikan sekaligus tetap melakukan pemantauan terhadap sarana dan prasarana yang ada. Sehingga, pesantren memiliki kelengkapan yang dapat membantu santri menjadi lebih berkembang.

4. Melakukan kontrol pada sistem keuangan

Keuangan juga menjadi hal yang tidak kalah rumit. Pihak administrasi harus mampu dan memiliki metode yang cemerlang dalam proses pengelolaannya. Sistem ePesantren dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan. Sama seperti lembaga yang lainnya, keuangan menjadi hal yang paling mendesak.

Apabila proses pengolahannya salah, maka sudah pasti akan berdampak buruk langsung pada perkembangan pesantren. Maka dari itu, sistem kelola keuangan harus benar-benar terlaksana dengan baik.

Sehingga tidak menghambat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi suatu lembaga. Melakukan list prioritas akan lebih baik daripada asal menggunakan. Maka dari itu, pihak di bagian administrasi menjadi pihak yang paling penting dalam pengelolaan pesantren.

ePesantren Langkah Awal Menuju Pesantren Masa Kini

Perkembangan teknologi akan sejalan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, penggunaan teknologi sangat diperlukan agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman saat ini. ePesantren merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam bidang pengelolaan pendidikan di pesantren. Segala aspek administrasi dapat dikelola dengan mudah tanpa adanya sistem trial dan error.

Pendataan yang rumit sekalipun akan mudah dan cepat dengan sistem ini. Hal yang paling dibutuhkan saat ini adalah sistem yang mudah, menarik dan memiliki hasil yang maksimal saat digunakan. Oleh karena itu, bisa dianggap bahwa penggunaan ePesantren menjadi langkah awal menuju pesantren yang maju dan masa kini.

Proses manual dalam administrasi sudah tidak jaman dilakukan pada saat ini. Jika terdapat hal yang lebih mudah, maka untuk apa mempersulit. Anda bisa mulai mencoba beralih pada ePesantren dalam setiap aspek pengelolaan pesantren. Penggunaan ePesantren akan mempermudah Anda dalam melakukan kontrol terhadap pesantren sekaligus melakukan pengelolaan dan penataan sistem administrasi.

Berbagai fitur dan layanan akan tersedia dan telah disesuaikan dengan sistem yang ada di pesantren. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk melakukan penyetaraan atau sinkronisasi tertentu. Gunakan pesantren sekarang juga dan kelola pesantren Anda menjadi lebih mudah. ePesantren teknologi serbaguna, bermanfaat dan tentunya modern. Anda dapat menemukan keunggulan dan fitur-fitur ePesantren di  https://epesantren.co.id

Info Lainnyan Hubungi:

Telp/WhatsApp       : 0857-0130-3000

FB, IG, YT                 : @epesantren

ePesantren l Solusi Manajemen dan Administrasi Pesantren Anti Ribet

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!