fbpx

Kontrol Keuangan Pesantren Melalui Aplikasi ePesantren

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Kontrol_Keuangan_Pesantren_Melalui_Aplikasi_ePesantren

Kontrol Keuangan Pesantren Melalui Aplikasi ePesantren

Lembaga pendidikan pesantren merupakan lembaga pendidikan dalam bidang keagamaan dimana sistem kelolanya sama seperti lembaga pendidikan lainnya. Misalkan saja dalam melakukan kontrol keuangan, kerja administrasi, dan masih banyak lagi. Proses kontrol keuangan dapat dikatakan menjadi hal mendasar yang harus dilakukan dengan cermat. Pasalnya, bidang keuangan langsung berkaitan dengan kelangsungan pesantren itu sendiri.

Proses kontrol keuangan akan berkaitan dengan bagian perencanaan, pengelolaan, penganggaran, pencarian, pengendalian, penyimpanan, dan juga pemeriksaan. Keseluruhan kerja manajemen keuangan tersebut tentu rumit. Maka dari itu, kini hadir ePesantren yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan kontrol keuangan. Berikut ini beberapa faktor penting yang harus Anda ketahui jika menggunakan ePesantren.

Perencanaan Keuangan Menjadi Lebih Mudah

Segala sesuatu harus memiliki perencanaan yang matang agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Proses dalam mengelola keuangan tidak bisa dilakukan dengan asal. Salah memilih langkah dalam pengelolaan dapat mengakibatkan kendala pada kelangsungan pesantren. Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan sistem perencanaan keuangan pada pesantren yang harus Anda ketahui.

1. Memiliki periode waktu tertentu

Perencanaan keuangan akan berkaitan dengan periode atau waktu. Misalkan perencanaan yang dilakukan selama satu bulan, satu tahun, jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Perencanaan untuk jangka pendek, jangka menengah, dan juga jangka panjang tentu saja akan dibedakan. Dalam hal ini perencanaan keuangan juga termasuk di dalamnya.

2. Pengaturan kebijakan tertentu

Kebijakan keuangan juga termasuk dalam perencanaan. Dalam penentuan kebijakan tertentu, maka pembiayaan harus direncanakan dengan baik. Apabila tidak, maka proses pemberlakukan kebijakan bisa saja terganggu dan mempengaruhi sistem lainnya. Oleh karena itu, proses perumusan kebijakan juga harus melakukan berbagai pertimbangan yang matang.

Pengelolaan keuangan pada tahap perencanaan akan sangat menentukan hasil akhir dari pengelolaan. Apabila dalam perencanaan saja sudah terganggu atau tidak tepat, maka pengelolaan juga akan terganggu.

Pengelolaan Keuangan Sesuai dengan Skala Prioritas

Apabila proses perencanaan telah terlaksana dengan baik, maka selanjutnya pengelolaan juga harus dilakukan dengan baik. Apabila kedua hal tersebut terlaksana dengan baik, maka akan memberikan hasil yang baik. Berikut ini merupakan beberapa hal yang berkaitan dengan pengelolaan sistem keuangan yang harus diketahui. 

1. Memiliki pemisahan keuangan yang tepat

Perlu diketahui bahwa pengelolaan keuangan yang perlu diperhatikan adalah pemisahan anggaran. Setiap aspek dalam suatu lembaga pastinya memiliki keuangan yang berbeda. Dalam hal ini pihak manajemen keuangan harus mampu melakukan pemisahan keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan lembaga.

2. Memiliki catatan keuangan yang tepat

Catatan keuangan sama dengan pembukuan keuangan. Hal tersebut berkaitan langsung dengan keluar masuknya uang dari kas atau penyimpanan. Tentu saja harus memiliki kontrol yang baik.  Apabila tidak memiliki kontrol yang baik sudah pasti keuangan akan terganggu. Pengeluaran harus dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi ketimpangan dengan pemasukan. Sehingga keuangan dapat berjalan dengan stabil.

3. Perhitungan profit, modal, hingga hutang

Perhitungan keuangan tidak akan terlepas dari modal, profit, dan hutang. Maka dari itu, setiap pihak yang bergerak dalam manajemen keuangan harus mampu melakukan perencanaan dengan baik agar tidak mengalami ketimpangan. Penggunaan teknologi dalam proses pengelolaan keuangan akan sangat membantu. Sehingga keuangan akan terjaga dan tetap stabil. Berbeda apabila perhitungan dilakukan secara manual dan kerap kali terjadi kesalahan data atau lain sebagainya.

Anggaran Keuangan Menjadi Lebih Terkontrol

Anggaran keuangan yang terkontrol akan membuat kestabilan lembaga. Berikut ini merupakan beberapa hal yang berkaitan dengan sistem anggaran keuangan yang perlu diketahui.

1. Anggaran pemasukan dan pengeluaran

Jangan sampai pemasukan dan pengeluaran mengalami ketimpangan. Pemasukan harus lebih besar daripada pengeluaran. Apabila hal tersebut berbalik, maka akan menimbulkan krisis keuangan. Jika keuangan dalam suatu lembaga krisis, maka akan merembet pada aspek yang lainnya.

2. Analisis kesehatan keuangan

Meskipun keuangan nampak baik-baik saja, tetapi Anda perlu memeriksa kesehatan keuangan. Karena dengan demikian, Anda akan tahu apa yang perlu ditingkatkan untuk menjaga keuangan agar selalu berada dalam keadaan stabil. Hal tersebut harus dilakukan secara berkala. Jika tidak, bisa saja keuangan tiba-tiba memburuk dan Anda tidak memiliki persiapan untuk hal tersebut.

Pemeriksaan Keuangan Menjadi Lebih Spesifik

Apabila Anda seorang penanggung jawab di suatu lembaga, maka jangan lupa untuk selalu melakukan proses audit atau pemeriksaan keuangan. Karena dengan demikian, maka Anda akan tahu bagaimana sistem dan arus kas keuangan dalam lembaga tersebut. Pemeriksaan keuangan bisa dilakukan secara manual, tetapi tentu saja akan membutuhkan banyak waktu.

ePesantren hadir untuk mempermudah Anda. Tidak lagi menggunakan proses manual yang lama. Tetapi, menggunakan teknologi yang canggih dapat mengetahui tingkat kestabilan keuangan yang ada pada lembaga Anda.

ePesantren dapat membantu Anda dalam mengelola berbagai aspek. Bukan hanya yang berkaitan dengan manajemen keuangan saja. Tetapi, juga manajemen yang lainnya. Pendataan, penataan, serta pengembangan pesantren.

Sudah saatnya beralih pada sistem yang memberikan respon baik pada perkembangan zaman. ePesantren merupakan salah satu aplikasi kontrol keuangan yang sangat baik dan mampu memenuhi segala kebutuhan Anda. Membantu mulai dari proses perencanaan yang baik hingga proses penganggaran. Karena kedua hal tersebut merupakan proses pengelolaan keuangan yang paling penting.

ePesantren dilengkapi fitur dan fasilitas lengkap untuk mengelola lembaga Anda. Tidak perlu kesulitan atau pun merasa kerepotan dengan cara yang manual. Karena menggunakan teknologi terkini akan lebih mempermudah dalam pengoperasiannya. Selain menghemat waktu, juga akan mempersempit atau meminimalisir terjadinya error.

Tunggu apalagi, gunakan ePesantren sekarang juga agar pengelolaan keuangan menjadi mudah serta mampu menjaga stabilitas dalam proses pengelolaan. ePesantren pilihan teknologi manajemen yang bisa mempermudah pekerjaan dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kunjungi https://epesantren.co.id untuk mendapat keunggulan dan layanan lainnya.

Info Lainnya Hubungi:

Telp/WhatsApp        : wa.me/6285701303000

IG, FB, YT         : @epesantren

ePesantren l Go Hijrah Menuju Era Digital

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!