fbpx

5 Tips Menjaga Hafalan Al Qur’an

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
5 Tips Menjaga Hafalan Al Qur’an 1

5 Tips Menjaga Hafalan Al Qur’an 1

5 Tips Menjaga Hafalan Al Qur’an 1

Al Qur’an merupakan pedoman kehidupan bagi umat muslim agar selalu selalu taat dan menjadi insan yang beriman. Allah memberikan kemampuan pada tiap insan untuk menghafalkan Al Qur’an, namun kerap kali kita lupa akan hafalan yang sudah kita miliki. Bagaimana cara mengingatnya kembali dan menjaga hafalan supaya tidak lupa? Berikut ada beberapa Tips Menjaga Hafalan Al Qur’an.

1. Menyediakan waktu khusus
Sediakan waktu yang nyaman untuk membaca Al Qur’an. Selalu upgrade intensitas membacamu agar kualitas hafalan dan bacaanmu semakin bagus.

2. Ber-Tilawah
Biasakan membaca Al-Qur’an dengan bertilawah, hal ini juga dapat membantu kita menjaga ingatan kita tentang bacaan Al-Qur’an.

3. Menjauhi Maksiat !
Kemaksiatan akan menghalangi cahaya Al-Qur’an menyinari diri kita sehingga hati dan fikirian kita akan tertutup untuk menghafalkan bacaan dan isi kandungan Al-Qur’an. Naudzubillah

4. Belajar Bahasa Arab
So pasti… kita harus mempelajari bahasa Arab karena setiap ayat pada Al-Qur’an menggunakan bahasa arab. Dengan mengetahui bahasa arab akan membantu kita menghafalkan arti dari tiap ayatnya.

5. Didampingi Ustadz / Ustadzah
Dalam proses belajar, perlu sosok seorang guru (Ustadz/Ustadzah) agar hafalan kita dapat terkoreksi dengan benar. Karena bisa saja kita luput dari kesalahan.
Yuk mulai belajar membaca Al- Qur’an sejak usia dini agar kelak bisa jadi Hafiz Qur’an.

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!