fbpx

Tips Sehat di Pesantren saat PPKM

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Tips Sehat di Pesantren saat PPKM

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diberlakukan mulai tanggal 3 Juli – 20 Juli 2021. Salah satu poin aturan PPKM yaitu kegiatan seni budaya, olahraga, dan kemasyarakatan di lokasi seni, budaya, sarana olahraga, dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan akan ditutup untuk sementara.
Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal penting saat masa pandemi. Penutupan sarana dan prasarana olahraga bukan menjadi hambatan untuk tetap berolahraga di dalam pesantren. Berikut beberapa olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran di Pesantren.

1. Olahraga Persarafan dengan Pernafasan, Vokalisasi, dan Postur
Olahraga pernafasan dapat dilakukan dengan senam tera atau yoga. Olahraga vokalisasi dapat dilakukan dengan bersenandung atau membaca Al-Qur’an. Terakhir, olahraga postur dapat dilakukan dengan senam taichi ataupun gerakan salat.

2. Olahraga Fisik
Olahragan fisik melibatkan otot besar dan bersifat ritmis serta berkelanjutan. Frekuensi olahraga fisik dapat dilakukan 3 hingga 5 kali dalam 1 minggu. Lakukan olahraga fisik selama 30-45 menit dengan intensitas olahraga sedang. Olahraga fisik yang dapat dilakukan di dalam pesantren seperti jalan cepat, joging, dan senam. Ketiga olahraga tersebut dapat dilakukan dalam area pesantren.

3. Cukupkan Hidrasi tubuh
Jangan lupa untuk tetap menjaga jumlah cairan dalam tubuh. Saat berolahraga, cairan dalam tubuh akan keluar lewat keringat. Oleh karena itu, penting untuk minum 30 menit sebelum dan sesudah berolahraga.

Bagaimana? Cukup mudahkan untuk melakukan olahraga-olahraga tesebut di area pesantren. Selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, melakukan olahraga juga dapat mengisi waktu luang kita saat kegiatan pesantren tidak dilaksanakan.

Temukan konten dan info menarik lainnya di ePesantren.co.id

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!