fbpx

Perbanyak Memohon Ampunan di Akhir Ramadhan

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Perbanyak Memohon Ampunan di Akhir Ramadhan

Bulan puasa sebentar lagi akan meninggalkan kita, dan hal yang paling di cari dan di nantikan adalah Malam Lailatul Qadar. Saking utamanya malam itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk banyak memohon ampunan dan memanjatkan doa serta mengerjakan amalan-amalan sunnah, seperti berdzikir, membaca Alquran, sholat malam maupun bersedekah.

Jika ditakdirkan diberikan Malam Lailatul Qadar, diharapkan akan mendapat pahala setara mengerjakan kebaikan selama 1000 bulan lamanya. Malam ini menurut Rasul ada di antara 10 hari Ramadhan, terutama pada malam-malam ganjil.

Sebagaimana diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Dari Aisyah ia berkata, “Aku bertanya, ‘Ya Rasulullah jika aku mengetahui bahwa malam itu adalah lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan waktu itu?’ Rasulullah bersabda, ‘Ucapkanlah: Allaahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku).”
(HR. Tirmidzi; shahih)

Maka doa yang diajarkan Rasulullah untuk Malam Lailatul Qadar adalah:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku

Manfaatkanlah hari terakhir di Bulan Ramadhan dengan amalan-amalan baik dengan harapan mendapatkan pahala di Malam Lailatul Qadar!

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!