fbpx

Membaca, Ajaran Islam yang Banyak di Lupakan Umat

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Membaca, Ajaran Islam yang Banyak di Lupakan Umat

Apakah kita lalai mengamalkan ajaran agama kita? Sebab perintah membaca telah termaktub dalam Al Quran sedangkan kita masih malas dalam membaca. Islam bisa dibilang menjadi sebuah sistem hidup yang sangat fundamental dan holistik. Yang dimaksud disini adalah, Islam tidak melulu mengenai ‘ubudiyyah hablum minallah saja, bahkan Islam lebih dari itu. Islam juga mengajarkan ajaran kehidupan secara terperinci, umat islam diperintahkan salah satunya adalah untuk membaca sebagai upaya meningkatkan ilmu pengetahuan.

Padahal dalam Islam sudah tertera bahwa Kata pertama yang turun pada Nabi Muhammad adalah perintah untuk membaca, dijelaskan Allah dalam surah Al-alaq“ Bacalah! Dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

“Kata Iqra’ sendiri menjadi multi tafsir, namun tidak luput dari makna membaca buku dan dilandaskan oleh (Bismika rabbik) dengan nama Allah, dalam artian bermanfaat dan memberi nilai baik untuk kemaslahatan. Bahkan Said Quthb menjelaskan, Allah yang telah menciptakan dan mengajarkan. Dari-Nya segala sesuatu dimulai dan diciptakan. Dari-Nyalah timbul pengajaran dan ilmu pengetahuan. Manusia bisa mempelajari dan mengetahui apa yang ingin diketahuinya.
.
Alangkah baiknya jika kita memulai untuk menggalakkan kebiasaan membaca sebelum bertanya dan pastikan kita bertanya kepada ahlinya. Kita galakkan bersama minat membaca dengan niatan Lillahi Ta’ala .

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!