fbpx

Kita Butuh Aksi Bukan Konspirasi

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Kita Butuh Aksi Bukan Konspirasi

Hadratus Syekh Muhammad Hasyim Asy’ari (Kyai Haji Hasyim Asy’ari) adalah seorang ulama ternama yang lahir dalam keluarga dengan landasan agama yang kuat (14 Februari 1871 / Kabupaten Jombang ~ 21 Juli 1947, Jawa Timur).

Beliau ialah salah satu pahlawan nasional Indonesia dan pendiri Nahdlatul Ulama, gerakan organisasi Islam terbesar di Indonesia. H Hasyim Asy’ari dijuluki Hadlratus Syekh (Maha Guru) oleh kalangan ulama pesantren.

Sejak usia 15 tahun, ia menikmati belajar di berbagai pesantren. Pada tahun 1892, K.H Hasyim Asy’ari belajar di Mekah dan dari para Guru besar disana, salah satunya adalah Syaikh Mahfudz, yang merupakan sarjana Indonesia pertama yang mengajarkan ajaran Sahih Bukhari (ahli hadits) di Mekah. Sampai tiba di Indonesia, K.H Hasyim Asy’ari terkenal dalam mengajarkan ilmu Hadits.

Dalam perjuangannya, KH Hasyim Asy’ari mendirikan organisasi kebangkitan ulama Nahdlatul Ulama (NU) pada tahun 1926. Sebelum mendirikan organisasi Ulama NU, ia pernah mendirikan Pondok Pesantren Tebu Ireng terbesar. Itu juga merupakan pesantren paling terkenal di Jawa pada abad ke-20.

Sumber : dianisa.com

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!