fbpx

Hal Paling Dabest dari Bulan Rajab #Part 1

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Hal Paling Dabest dari Bulan Rajab #Part 1

Di bulan Rajab, umat Islam diimbau untuk menjalankan banyak amalan, salah satunya adalah puasa Rajab. Puasa Rajab jadi jika dilakukan akan mendapat pahala jika tidak di kerjakan pun tidak dapat dosa. Bagi umat Islam yang ingin berpuasa selama Bulan Rajab, disarankan untuk berpuasa selama 10 hari pertama pada bulan Rajab. Meski jumlahnya tidak ditentukan. Namun, beberapa pendapat ulama menunjukkan bahwa dianjurkan untuk menjalankan puasa Rajab pada waktu-waktu tertentu.

berdasarkan HR.At-Thabrani.

Rasulullah SAW bersabda “ Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga . Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” (HR.At-Thabrani )

Adapun Ibnu Abbas ra. berkata :

“Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama 3 tahun, dihari kedua menjadi kafarat selama 2 tahun, dihari ketiga menjadi kafarat selama 1 tahun, kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama 1 bulan”. (HR. Abu Muhammad Al-Khalali, Dimuat dalam kitab Jami’Ush-Shaghir)

Sedangkan menurut almarhum Kiai Maimoen Zubair, puasa Rajab bagus dilakukan pada tanggal 1 sampai tanggal 10 Rajab.

“Dalam bulan Rajab hendaknya kita melaksanakan puasa Rajab. Puasa Rajab itu bagusnya dilakukan mulai tanggal satu hingga tanggal 10” jelas almarhum Kiai Maimoen Zubair.

adapun Niat Puasa Rajab adalah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Artinya:
“Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah Ta’ala.”

Semoga kita bisa menjalani puasa rajab di salah satu hari dalam bulan yang mulia ini.

sumber : www.tribunnews.com

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!