fbpx

Gunakan 6 Tools Ini untuk Membuat Pembelajaran Kreatif

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Tools Pembelajaran Kreatif

Media Pembelajaran perlu disesuaikan dengan tren dan perkembangan pembelajaran di era digital saat ini. Oleh karena itu, seorang pengajar dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan sebuah media pembelajaran agar menjadi menarik dan interaktif.

 

Berikut ini beberapa aplikasi dan software yang bisa dicoba oleh pengajar untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis digital.

 

Canva

tools pembelajaran kreatif

Canva merupakan tools yang dapat membantu pengajar dalam membuat infografis, rangkuman materi, worksheet, brosur, poster, template presentasi, video dan kebutuhan grafis lainnya. 

 

Canva memiliki tujuh kategori tipe desain yaitu media sosial, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event, dan iklan. Canva dapat diakses secara gratis melalui browse (canva.com) dan gawai (Canva).

 

Powtoon

pembelajaran kreatif

Powtoon merupakan aplikasi presentasi dan video animasi interaktif. Powtoon dapat digunakan untuk membuat pembelajaran seperti presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan lainnya. Powtoon dapat diakses melalui browser (powtoon.com) dan juga gawai (Powtoon Connect)

 

Prezi

tools pembelajaran kreatif

Prezi merupakan tools yang dapat membantu pengajar dalam membuat dan mengelola presentasi lebih menarik. Berbeda dengan google slide maupun power point biasa, prezi memiliki fitur Zooming User Interface (ZUI) sehingga memungkinkan pengajar untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi secara fleksibel dan dinamis. 

Prezi dapat diakses secara online (prezi.com) dan offline (master prezi). Untuk memaksimalkan penggunaan Prezi lebih baik bila diakses melalui PC atau laptop.

 

VideoScribe

VideoScribe merupakan pembuat video whiteboard dengan menggunakan animasi tulisan tangan dengan latar belakang seperti papan tulis. VideoScribe memiliki banyak aset animasi, gambar, ikon, dan efek yang bisa membantu mempercantik dan memperjelas informasi.

Sayangnya aplikasi ini hanya mendapat 7 hari percobaan gratis dan Anda akan dikenai biaya setelahnya.

 

Sigil

Sigil merupakan aplikasi untuk membuat dan mengelola buku digital (ebook). Pengajar dapat mengembangkan buku digitalnya sendiri secara kreatif. 

Pengajar dapat menambahkan materi, kuis, video, audio, latihan soal SD dan jenjang di atasnya, serta konten lainnya dalam buku digital agar lebih menarik. Sigil dapat diakses melalui laman sigil-ebook.com.

 

Filmora

tools pembelajaran kreatif

Filmora merupakan aplikasi editing video yang dapat membantu pengajar untuk membuat video pembelajaran kreatif. Tampilan Filmora sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Filmora dapat diakses secara gratis dan juga berlangganan melalui filmora.wondershare.com.

 

Itu tadi enam tools yang dapat Anda gunakan untuk membuat media pembelajaran kreatif. Semoga bermanfaat 🙂

 

Info menarik lainnya kunjungi eklinik.co

Tim CS kami ada di sini siap untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!