December 11, 2021

Keuntungan Hijrah dengan Sistem Informasi Manajemen Pesantren

Keuntungan Hijrah dengan Sistem Informasi Manajemen Pesantren

Sistem Informasi Manajemen Pesantren memiliki fungsi yang berdampak baik terhadap operasional pondok pesantren. Beberapa fungsi sistem informasi manajemen dikutip dari buku “Pengantar Sistem Informasi Manajemen” karya Jeperson Hutahaean, dkk.

– Memudahkan perencanaan, pengawasan, serta pengarahan kerja semua departemen

– Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengolahan data

– Meminimalisasi biaya dan meningkatkan produktivitas suatu perusahaan atau organisasi

– Sarana peningkatan sumber daya manusia

Sistem informasi manajemen pesantren akan lebih optimal bila digabungkan dengan pemanfaatan teknologi atau sekarang ini biasa disebut digitalisasi. Selain fungsi di atas ada beberapa keuntungan bila berpindah dari cara manual ke cara digital, yaitu:

Keuntungan Pindah dari Manajemen Tradisional ke Manajemen Modern

Cepat dalam Mengambil Keputusan

Sistem ini menyediakan dashboard yang menampilkan transaksi dan agenda kegiatan yang memudahkan pemantauan. Selain itu, sistem dilengkapi fitur analisa dan performa sehingga pimpinan atau petinggi yayasan/pesantren dapat mengambil keputusan secara cepat. Sistem ini dapat dipantau 24 jam melalui smartphone. 

Baca Juga: Masalah yang Sering Dihadapi saat Manajemen Data

Meminimalisir Kesalahan Data

Dengan menggunakan sistem ini, resiko kehilangan data pencatatan akan terminimalisir. Pasalnya sistem ini memiliki penyimpanan cloud dan mudah untuk diakses di berbagai perangkat dengan menggunakan internet. Bila terjadi kesalahan input data, maka tidak perlu mengganti laporan-laporan lain, cukup mengganti data yang salah, secara otomatis data di laporan akan terganti. Jadi tidak perlu menghitung atau rekap lagi dari awal.

Media Branding Pesantren

Dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen branding pesantren akan terangkat karena mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi digital untuk pengelolaan manajemennya.

Selain sistem yang didapat sekolah, wali santri juga dimudahkan untuk melakukan transaksi dan mendapatkan laporan transaksi dari pesantren karena dilengkapi dengan notifikasi WhatsApp dan Android Wali Santri.

Proses Pengelolaan Menjadi Efektif dan Efisien

Proses pengelolaan administrasi dan manajemen berjalan dengan efektif dan efisien karena data tiap divisi dapat tersinkron dalam satu aplikasi. Sinkronisasi data ini memudahkan bila divisi lain membutuhkan data divisi Anda. 

Contohnya: divisi keuangan membutuhkan data dari divisi sumber daya manusia kehadiran pegawai. Maka divisi keuangan dapat mengakses data tersebut asalkan memiliki akses pada fitur tersebut.

Data akses aplikasi dapat diatur oleh lembaga, sehingga memudahkan manajemen kontrol pada aplikasi.

Menghemat Biaya Operasional

Menggunakan Sistem Informasi Manajemen secara digital dapat membantu memangkas biaya operasional pesantren, seperti menghemat dana ATK (kertas HVS, buku, bolpoin). Memiliki sistem informasi manajemen yang baik memang menjadi satu keharusan untuk pesantren yang ingin berkembang di mengikuti perkembangan zaman. Bukan tanpa sebab, modernisasi yang terjadi harus disikapi dengan baik dengan beradaptasi dengan perubahan saat ini. 

Ingin mengelola sekolah berbasis pondok secara mudah dengan Aplikasi Sekolah Online? MULAI BERLANGGANAN EPESANTREN SEKARANG.

COBA DEMO GRATISNYA

demo.epesantren.co.id

Info Lainnya Hubungi:

Telp/WhatsApp : wa.me/6285701303000

IG, FB, YT : @epesantren

Share this post:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Temukan lebih banyak artikel